Cara Membedakan Mesin MB OH 1626 & MB OH 1526

Cara Membedakan Mesin MB OH 1626 & MB OH 1526
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdDHgYIrDalZ8BlwZhl2VmphkakV-Dl5k2Cz1yKqkJm45ryScxuYdLIwjtu_jM6nP-2z_xrbNMKPnn4j4am7a35wwiEQizXMQIa3DycEBiYqvesAKZz0GrembfCLqesWNp3gej4fti9zN3/s72-c/logo-bmc.jpg
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Setiap keluar varian bis baru, selalu muncul pertanyaan dari dulur-dulur BMC bagaimana cara membedakan varian tersebut dengan varian yang lainnya terutama jika sudah diberi body. Rada susah memang, karena sekarang ini demi berbagai alasan teknis dan efisiensi para produsen bis rata-rata membuat beberapa varian bis diatas platform chassis yang sama. Bahkan termasuk dashboard dan steering wheel yang digunakan Padahal dulunya dashboard dan steeering wheel inilah yang kita gunakan untuk pembeda suatu varian chassis.
Lihat saja antara Hino RK8 R235 vs R260 yang sama persis kecuali nomor seri mesin yang tercetak di blok mesin. Lalu SCANIA K310IB vs K380IB yang hanya beda pada jumlah silinder mesin. Chassis, dashboard dan steering wheelnya sama persis.
Apalagi di Mercedes-Benz. Saat ini ada 4 varian chassis yang dashboardnya sama persis walaupun panjang chassisnya berbeda yaitu : OH-1518 E3, OH-1521 E3, OH-1526 dan OH-1626.
Tapi tenang saja… Masih tetap ada bagian yang bisa dipakai untuk membedakan walaupun tidak mudah dan perlu ketelitian untuk melihatnya. Silahkan simak dengan teliti foto-foto berikut.

Bagian-bagian yang berbeda dari jenis MB OH 1526 & MB OH 1626 adalah sebagai berikut :

1. GARDAN

Gardan OH 1626 berbentuk bulat halus,,,sedangkan Gardan OH 1526 terdapat kisi-kisi pendingin seperti OH 1525.

*ini gambar Gardan OH 1626
Gambar 1 Gardan OH 1626

*Sedangkan ini gambar Gardan OH 1526
 Gambar 2 Gardan OH 1526

2. ALTENATOR

Alternator adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Alternator berfungsi untuk mengisi battery (Aki) dan mensupply kebutuhan listrik untuk peralatan-peralatan lainnya. Salah satu perbedaan OH-1626 dan OH-1526 adalah jumlah alternatornya. OH-1626 memiliki 2 alternator, sedangkan OH-1526 hanya punya 1 alternator (lingkaran kuning). Untuk melihat alternator ini harus ketika chassis masih belum diberi body, atau dengan membuka tutup mesin jika sudah diberi body.

*Mesin OH 1626 mempunyai 2 buah Altenator
Gambar 3 Altenator OH 1626

*Mesin OH 1526 cuma punya 1 Altenator
Gambar 4 Altenator OH 1526

3. STABILIZER & SUSPENSI

Stabilizer OH-1526 terbuat dari baja batangan utuh yang dibending. Suspensinya memakai trapezoid leafspring yang lengkungnya negatif. Stabilizer OH-1626 pada bagian arm-nya terbuat dari besi pelat yang disambung dg tubular steel. Suspensinya memakai Air Suspension yang langsung menyangga chassis utama (seperti Volvo B7R), Tidak seperti SCANIA K-Series atau Air Suspension rakitan Adi Putro yang menyangga cross member. Air Suspension OH-1526 memakai 2 stabilizer (kiri & kanan). Untuk Air Suspension yang menyangga crossmember (SCANIA K Series, Airsus rakitan AP, OH-1830) stabilizernya ada 4.

*Ini adalah gambar Stabilizer & Suspensi belakang OH 1626
 Gambar 5 Stabilizer & Suspensi belakang OH 1626

*Ini adalah gambar Stabilizer & Suspensi belakang OH 1526
 Gambar 6 Stabilizer & Suspensi belakang OH 1526

4. BRAKE CHAMBER BELAKANG

Sama dengan bis-bis Mercedes-Benz yang lain, rem OH-1626 sudah memakai sistem full air dual circuit. Brake chambers belakang dengan sistem full air memiliki bentuk yang besar karena memiliki 2 ruangan yaitu untuk “service brake” dan ruangan yang berisi pegas bertekanan untuk “emergency brake/parking brake”. Brake chambers OH-1526 terdapat saluran pipa udara dibagian depannya, sedangkan pada OH-1626 tidak. Brake Chambers OH-1626 posisinya lebih rendah dibanding brake chambers OH-1526. Simak an perhatikan foto-fotonya ….

*Brake Chamber belakang OH 1626
 Gambar 7 Brake Chamber belakang OH 1626

*Brake chambers belakang OH-1526: ada saluran pipa udara dari depan
 Gambar 8 Brake Chamber belakang OH 1526

Terus kalo dari segi jarak bebas Brake Chamber dengan tanah yaitu kalo Brake Chamber OH 1526 LEBIH TINGGI daripada Brake Chamber OH 1626,,,,gak percaya???cek this out....

*Ini dia jarak bebas Brake Chamber OH 1626
Gambar 9 Jarak bebas Brake Chamber OH 1626 (lebih rendah)

*Ini dia jarak bebas Brake Chamber OH 1526
Gambar 10 Jarak bebas Brake Chamber OH 1526 (lebih tinggi)

5. AS RODA DEPAN

Dan akhirnya … inilah satu-satunya perbedaan OH-1526 dengan OH-1626 yang paling mudah terlihat dari luar, tanpa perlu membuka kap mesin dan tanpa harus “ngolong” dibawah body. Butuh sedikit ketelitian memang … tapi cukup jelas perbedaannya. Coba bandingkan kedua foto dibawah dengan teliti ….

*Ini dia penampakan As Roda depan OH 1626
 Gambar 11 As Roda depan OH 1626

*Ini dia penampakan As Roda depan OH 1526
Gambar 12 As Roda depan OH 1526

Baiklah,,demikian sedikit ulasan tentang cara membedakan OH 1626 & OH 1526.Semoga sedikit ilmu yang saya bagikan ini semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang dunia bis.
Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun karena disini saya juga masih belajar.
Terima kasih telah membaca dan salam seduluran buat para BisMania.

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 3 komentar

17 Desember 2019 pukul 19.24

mantap infonya

www.uma.ac.id

18 Desember 2019 pukul 05.27

Mantap..tapi kenapa rem 1626 yg sy bw kurang pakem & cenderung roda belakang panas. Mohon petunjuk

24 Januari 2020 pukul 05.40

Sama punya saya juga sakitnya itu
Ikut cari tau juga

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BayStro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger